3 Macam Tes Alergi Paling Umum di Lakukan

Tes Alergi Pada KulitTes secara langsung di kulit merupakan pengujian yang umum dilakukan hal ini untuk mendiagnosis berbagai jenis alergi hirup atau paparan kulit, karena ada berbagai jenis alergi seperti alergi debu, alergi makanan, alergi hewan atau alergi serbuk sari tanaman. Berbicara tentang alergi supaya anda tahu lebih jelas ?, adalah merupakan masalah kesehatan yang bersifat umum. Alergi bisa saja datang kapan saja tetapi pada saat terjadi sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan berlebihan terhadap sesuatu di lingkungan anda, maka dari itu jika anda mencurigai punya alergi sebaiknya anda bisa Tes Alergi secara langsung ke dokter spesialis.

Tes alergi adalah pengujian yang di lakukan oleh dokter spesialis alergi supaya bisa menentukan dan mengetahui apakah anda mempunyai reaksi yang tak seperti biasanya terhadap zat tertentu, mengenai tes alergi tentu ada berbagai macam tes yang dapat dilakukan misalnya dengan cara tes kulit, tes darah atau eliminasi makanan. Nah, dalam ulasan kali ini kami akan memaparkan 3 macam tes alergi pada kulit mari kita simak sebagai berikut.

Beberapa Macam Tes Alergi Langsung Pada Kulit

proses ini umum dilakukan oleh spesialis karena tes alergi di kulit memang terbilang praktis, mudah dan minim rasa sakit, melalui tes ini dokter juga bisa sekaligus menguji beberapa alergi dalam sekali waktu.

1.Tes Suntik

Tes alergi ini dilakukan dengan menyuntikkan secara langsung pada kulit dengan menggunakan cairan dosis kecil ekstrak allergen ke bagian kulit lengan anda, setelah kisaran 15 menit anda di suntik dokter akan menunggu reaksi alergi. Umumnya tes ini dilakukan yang di perkirakan mempunyai alergi obat penisilin atau alergi serangga.

2.Test Prick                                                

Tes prick ( tes tusuk secara langsung di bagian kulit ) dilakukan untuk mempermudah mengidentifikasi alergi terhadap serbuk sari, misalnya seperti jamur, hewan peliharaan, debu dan makanan. Hal ini dilakukan dokter atau perawat terlebih dahulu dengan membersihkan bagian area kulit lengan, punggung atau pinggang dan untuk anak biasanya diuji di bagian kulit punggung atas. Setelah itu dokter menggambar kotak – kotak diatas kulit tersebut kemudian menggoreskan kulit anda untuk meneteskan allergen dalam dosis kecil.

Allergen yang diteteskan biasanya berupa histamine yang akan menyebabkan reaksi pada kulit tetapi kalau tidak bereaksi dengan histamine kemungkinan besar anda tak bisa menjadi penentu apakah anda punya alergi atau tidak. Kemudian dengan Gliserin atau saline namun tak bereaksi apapun jika pun bereaksi maka kemungkinan anda mempunyai kulit yang sensitif, hasil tes ini harus didiagnosis secara lebih teliti hal ini supaya terhindar dari diagnosis alergi palsu. Setelah 15 menit dokter akan mengamati tanda reaksi alergi, jika terkena alergi dengan salah satu zat yang diuji anda akan mengalami benjolan merah gatal seperti gigitan nyamuk.

3.Tes Patch

Tes patch (tes tempel kulit ), metode ini terbilang efektif karena hanya dengan menempelkan beberapa ekstrak allergen pencetus pada bagian kulit anda. Kulit anda mungkin akan dipapari 20 sampai 30 ekstrak allergen yang berbeda Ini dapat termasuk zat lateks, obat-obatan, wewangian, pengawet, pewarna rambut, logam dan resin. Setelahnya anda akan mengenakan tambalan di bagian lengan atau punggung minimal selama 48 jam, selama pengujian tersebut anda harus menghindari aktivitas yang menyebabkan badan Berkeringat. Kemudian anda bisa kembali cek ke dokter apakah kulit iritasi atau tidak pada area tambalan tersebut.

Pengujian tes alergi tentu dapat menyebabkan efek samping rendah misalnya seperti gatal, kemerahan, atau bengkak di kulit namun gejala seperti ini akan hilang secara sendirinya. Ada juga pada kasus langka tes alergi menimbulkan reaksi langsung dan membutuhkan perhatian dari medis, oleh karenanya tes alergi harus dilakukan di klinik yang dilengkapi peralatan dan obat – obatan memadai termasuk adanya suntikan obat epinefrin untuk mengobati anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa). Mungkin itu saja yang bisa disampaikan terima kasih.

3 Macam Tes Alergi Paling Umum di Lakukan | hendar | 4.5