Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Dengan Benar

Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Dengan Benar – Pada sebuah rumah tentunya di butuhkan sekali aliran listrik, jal ini tentunya sebagai penerangan pada saat malam hari atau untuk menghidupkan berbagai media elektronik dengan jenis yang berbeda sesuai dengan mengikuti perkembangan zaman, pastinya aliran listrik tersebut di perlukan terlebih dahulu yaitu sebuah instalasi listrik akan tetapi dalam hal ini kemungkinan kita tak bisa memasangnya dan selebihnya kita mempunyai dasar instalasi, untuk itu jika anda tak paham untuk masalah seperti ini anda bisa menggunakan jasa yang sudah ahli di bidangnya.

Aliran listrik adalah bagian penting rumah yang sangat berguna sekali sebagai kebutuhan anda dan rumah anda dan tak ada salahnya jika anda mau mengkreasikannya. Akan tetapi jika anda mau mencoba  memasang instalasi listrik dengan sendiri, anda bisa melihat caranya karena kami di sini akan memberikan sedikit informasi yang mungkin bisa anda lakukan dengan sendiri di rumah anda,  untuk itu supaya pembahasan kita kali ini lebih lengkapnya lagi untuk itu mari kita simak penjelasannya sebagai berikut di bawah ini.

Cara Mudah Memasang Instalasi Listrik Rumah

Cara Mudah Memasang Instalasi Listrik Rumah

Tips Dan Cara Pasang Instalasi Listrik

  1. Pahami Denah Rumah

Pentingnya memahami denah rumah yaitu dengan memahami seluk beluk tempat atau kemungkinan dimana letak box sekering atau MCB, letak penempatan lampu, sakelar dan letak stop kontak. Dan dari sini kita bisa menggambarkan saluran instalasi listrik yang akan kita buat, hal ini bertujuan supaya bisa meminimalisir kemungkinan bisa terjadi kesalahan saat melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah anda.

  1. Menyiapkan Peralatan Instalasi

Pada saat melakukan pemasangan instalasi listrik pastinya kita membutuhkan sekali perabotan dan alat yang lengkap untuk mempermudah proses pekerjaan kita dalam memasang instalasi listrik di rumah anda. Dan peralatan yang harus kita siapkan yaitu adalah obeng, beberapa jenis tang, pisau, gunting, tape rol, gregaji besi, betel dan palu alangkah baiknya kita memerlukan tes pen alat ini sangat berguna sekali untuk mengecek alat instalasi yang terpasang, atau juga bisa kita gunakan di saat memperbaiki instalasi listrik.

  1. Memilih Pengaman

Dalam memasang instalasi listrik kita bisa menempatkan pengaman, pengaman itu berupa sekering atau MCB dan masing – masing memiliki box tersendiri, dan berfungsi sebagai mengamankan arus listrik ketika sudah tak aman.

  1. Menyiapkan Kabel NYM Dan Kabel BC

Kabel yang biasa di gunakan yaitu adalah kabel NYM 3×4 mm2 dan kabel BC 6 mm2. Kabel NYM memiliki fungsi untuk menghubungkan KWH meter ( sumber listrik ), pada umumnya sebagian orang tak menempatkan kotak pengaman dan KWH meter berjauhan hal ini di sebabkan karena harga kabel mahal dan kabel BC ini memilik fungsi sebagai penghubung sumber listrik dengan batang arde, penempatan ini biasanya juga sering berdekatan.

  1. Memahami Karna kabel Dalam Instalasi Listrik

Pentingnya memahami warna kabel dalam memasang instalasi listrik tentunya sangat membantu anda dalam proses pengerjaan instalasi listrik, hal ini bertujuan supaya mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pemasangan kabel dalam instalasi listrik, biasanya dalam memasang kabel selalu menyeragamkan pemasangan sesuai dengan warna kabel tersebut. Perlu anda ketahui secara umum bahwa kabel warna hitam adalah kabel fasa ( strum ), kabel kuning bergaris sebagai kabel ground, dan kabel warna biru yaitu kabel netral, selain itu juga kita menempatkan kabel lain untuk menyambungkan saklar menuju lampu.  Kita juga harus mengukur panjang kabel yang akan di gunakan oada fitting lampu serta juga kabel untuk sakelar dan stop kontak, pada jalur utama instalasi listrik kita harus menyiapkan 3 kabel antara lain yaitu kabel fasa strum, kabel netral, dan kabel ground.

  1. Menyiapkan Pipa Conduit

Pipa coundit ini berfungsi sebagai pelindung kabel yang di gunakan untuk instalasi listrik, hal ini guna melindungi hal yang tak di inginkan seperti pembungkus kabel rusak yang akan mengakibatkan konsleting, pipa conduit ini bisa melindungi kabel dari hewan yang menggigitnya seperti tikus dan lain sebagainya.

  1. Pemasangan Kabel Instalasi

Hal ini adalah bagian paling penting, selain dapat melindungi keselamatan diri dari pemasangan instalasi, pemahaman memasang juga membantu anda dalam menghubungkan instalasi kabel – kabel yang akan di pasang supaya tak terjadi kesalahan seperti konsleting. Kalau anda merasa ragu sebaiknya kita meminta bantuan kepada orang yang ahli dan membantu kita mendampinginya. Mulailah kita memasang instalasi yang sederhana saja, seperti menghubungkan antara sakelar dengan kabel fasa dan kabel lampu.

Itulah tadi cara memasang instalasi listrik pada rumah, semoga saja dengan adanya ulasan ini bisa membantu anda dalam melakukan instalasi yang berhubungan dengan kelistrikan. Sepertinya itu saja dari kami sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • cara memasang instalasi listrik
  • instalasi listrik rumah yang benar
  • cara pasang instalasi listrik rumah
  • pemasangan instalasi listrik rumah
  • cara memasang instalasi listrik yg benar
  • cara pemasangan instalasi listrik yang benar
  • cara pasang instalasi listrik yang benar
  • pemasangan instalasi listrik
  • cara pasang kwh meter
  • cara pasang instalasi listrik
Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Dengan Benar | hendar | 4.5