Cara Memasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Cara Memasang Saklar Lampu Rumah Sendiri – Saklar merupakan pelengkap sebuah rumah yang sangat penting keberadaanya yang berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan lampu dan mematikan lampu yang berada pada rumah kita. Di sini kami akan berbagi tips mudah yang bisa anda lakukan dalam memasang sebuah saklar lampu rumah anda, hal ini di sebabkan memasang peralatan yang berhubungan dengan listrik perlu konsentrasi dan pengaman khusus, karena arus listrik merupakan benda yang tak terlihat akan tetapi kalau kita menyentuhnya akan menyetrum, dan takutnya jika kesetrum menimbulkan hal – hal yang tak di inginkan.

Perlu anda ketahui bahwa saklar ada tiga jenis  untuk rumah anda yaitu saklar tunggal, saklar ganda dan saklar plus stop kontak. Untuk lebih lengkapnya lagi mari kita simak langkah – langkah yang bisa anda lakukan sendiri dalam memasang saklar lampu untuk rumah anda, yuk, sobat rumahminimalisku mari kita lihat ulasannya sabagai berikut, semoga anda bisa melakukannya di rumah dengan sendiri.

Cara Memasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Cara Memasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Cara Mudah Pasang Saklar Lampu Rumah

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memutuskan aliran listrik rumah anda sementara, caranya dengan mematikan MCB yang terpasang di kWh meter. Kemudian anda bisa melepaskan sekering listrik guna menjaga takut ada anggota keluarga lain yang tanpa sengaja menghidupkan MCB dengan tiba – tiba, agar tetap aman anda bisa mengeceknya dengan tespen.
  2. Pastikan dari lubang instalasi listrik terdapat tiga kabel utama yakni kabel fasa masuk dan kabel fasa stop kontak, kabel fasa keluar menuju lampu dan kabel netral plus stop konyak.
  3. Lalu pasang kabel netral pada lampu, jangan lupa menambahkan ekstensi kabel netral di salah satu sekryp stop kontak sebagai sumber listri dari PLN, kencangkan sekrup kabel supaya tidak terlepas, kemudian pasang kabel fasa (+) di salah satu sekrup saklar dan pasang juga kabel fasa (+) pada stop kontak sebagai sumberarus listrik PLN setelah kedua sekrup di kencangkan kemudian pindah ke kabel lampu, ambil kabel lampu pasangkan pada sekrup saklar yang tersisa kencangkan sekrupnya.
  4. Usahakan keempat sekrup yang ada di dalam saklar plus stop kontak benar – benar kencang jangan sampai meninggalkan serabut kabel yang lepas hal ini guna agar tidak terjadinya korsleting.
  5. Pasang perangkat saklar plus stop kontak pada lubang instalasi listrik yang telah tersedia, pasan secara kuat dan rapi.
  6. Hidupkan kembali MCB dan pasang sekering untuk mengalirkan arus listri kembali, anda bisa mencoba saklar dengan cara menekan tombol ON/OF pada saklar tersebut, kalu menyala berarti anda telah berhasil memasang saklar dengan sendiri.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan pada pertemuan ini, semoga apa yang telah kami sampaian bisa di lakukan dengan sendiri di rumah, oke, mungkin hanya itu saja dari kami sekian dan terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

Incoming search terms:

  • cara memasang stop kontak broco
  • cara memasang kabel ke stop kontak broco
  • cara menyambung kabel listrik ke stop kontak
  • cara memasang saklar lampu
  • cara pasang stop kontak broco
  • cara memasang saklar dan stop kontak
  • cara pasang stop kontak
  • cara memasang colokan listrik broco
  • cara memasang saklar double stop kontak
  • cara memasang stop kontak
Cara Memasang Saklar Lampu Rumah Sendiri | hendar | 4.5