Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kain Flanel

Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kain Flanel – berbagai cara bisa kita lakukan untuk memperindah tampilan interior rumah salah satunya yaitu adalah dinding rumah, kreasi hiasan flannel untuk dinding untuk saat ini menjadi pilihan orang karena cara yang sederhana ini mampu mempengaruhi keindahan tampilan dinding rumah anda. Dinding yang polos tentunya akan terkesan monoton maka dari itu supaya tampilan dinding rumah menjadi lebih indah dan cantik bisa anda aplikasikan dengan hiasan dinding dari flannel, berbagai jenis hiasan dinding yang terbuat dari kain flannel tentunya bisa di buat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Nah, buat anda yang tertarik untuk menghiasi dinding rumah anda tentunya kami dari tim rumahminimalisku.com akan berbagi informasi mengenai cara membuat hiasan dinding dengan menggunakan kain flannel, bahan kain flannel ini menjadi salah satu yang paling mudah di kreasikan dan mudah di temukan, selain itu kain flannel memiliki tekstur yang unik, sehingga sangat mudah untuk di bentuk menjadi beraneka ragam dan jenis hiasan yang pastinya unik dan menarik, dengan menggunakan hiasan dari kain flannel pada dinding rumah tentunya dinding akan terlihat lebih indah dan berwarna.

Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kain Flanel

Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kain Flanel

2 Cara Mudah Membuat Hiasan Dinding Rumah Dengan Kain Flanel

Dalam membuat hiasan dinding dari kain flannel tentunya anda bisa memilih beberapa warna yang sesuai dengan keinginan anda, karena kain flannel banyak sekali warna mulai dari warna yang cerah, lembut, gelap dan lain sebagainya, memadukan berbagai warna dalam membuat hiasan dinding rumah menjadi pilihan, karena kain flannel mudah di bentuk dengan berbagai bentuk dan rupa maka dari itu supaya ulasan lebih Lengkapnya lagi bisa anda simak sebagai berikut.

1.Gantungan Nama

Bahan – bahan yang harus di sediakan :

  • Kain flanel dalam beberapa pilihan warna
  • Kertas karton untuk menggambar pola
  • Benang tebal untuk menggantungkan
  • Kertas karton tebal (kardus bekas) untuk menjadi dasar hiasan

Peralatan:

  • Pensil
  • Gunting
  • Lem tembak

Cara membuatnya :

  1. Langkah pertama ambil kertas karton dan gambarlah pola huruf-huruf yang akan dibentuk dengan menggunakan kain flanel (sesuai dengan nama).
  2. kemudian gunting masing-masing huruf yang terbuat dari kertas karton ini. Bentuk kain flannel harus sesuai dengan karton tersebut, lalu gunting masing-masing kain flanel tersebut. Tidak perlu berpasangan, masing-masing huruf cukup dibuat satu buah saja.
  3. langkah selanjutnya gunting juga kain flanel dalam bentuk kotak / persegi empat yang ukurannya lebih besar dari ukuran huruf-huruf tersebut (contoh: jika huruf berukuran 8 x 4 cm, maka buatlah kotak ini berkuran 12 x 8 cm. Hal ini bertujuan untuk membuat ukuran huruf dengan dasar kain flanelnya / tatakan flanelnya menjadi terlihat seimbang. Bentuk masing-masing huruf dalam warna yang berbeda-beda, begitu juga untuk tatakan yang akan digunakan nanti, agar hiasan terlihat lebih menarik.
  4. mulailah mencoba untuk menata huruf-huruf tersebut pada permukaan karton tebal, sehingga ukuran karton yang dibutuhkan bisa diperkirakan. Apabila sudah memiliki ukuran yang tepat, guntinglah karton tebal tersebut sesuai dengan kebutuhan. Pastikan semua huruf tersebut nanti bisa dipajang dengan indah pada permukaan karton.
  5. Tutupi kedua permukaan karton dengan menggunakan kain flanel, warna kain yang cerah bisa dijadikan sebagai pilihan. Rekatkan semua bagian sisi kain tersebut dengan menggunakan lem tembak, sehingga semua tepinya menjadi rapi dan tidak berantakan. Dalam melakukan proses ini harus dengan hati-hati, supaya kain merekat dengan sempurna sehingga tak mudah lepas.
  6. setelah itu kalau bagian dasar hiasan telah selesai, atur satu persatu bagian tatakan huruf pada permukaan dasar hiasan tersebut. Setelah dianggap pas, mulailah merekatkan tatakan tersebut satu persatu dengan menggunakan lem tembak.
  7. Rekatkan juga satu persatu huruf pada tatakan yang telah direkatkan tersebut. Pilih masing-masing warna tatakan dan juga huruf yang berbeda, sehingga terlihat kontras dan lebih menarik.
  8. Apabila semua huruf dan tatakannya telah rapi, tambahkan juga hiasan lainnya untuk memperindah hiasan dinding tersebut. Misalnya: beberapa kancing berwarna-warni dalam ukuran besar, pita atau kupu-kupu dari kain flanel, atau hiasan lainnya yang dianggap sesuai.
  9. untuk yang terakhir rekatkan benang pada bagian belakang hiasan, sehingga hiasan ini bisa digantungkan pada dinding atau bahkan pintu kamar.

2.Awan Hujan

Bahan-bahan yang harus di sediakan :

  • Kain flanel (terdiri dari 3 atau 4 warna)
  • Kertas karton untuk menggambar pola
  • Benang (untuk menjahit dan menggantungkan)
  • Dakron atau kapas

Peralatan :

  • Pensil
  • Gunting
  • Jarum pentul
  • Jarum jahit
  • Mesin jahit
  • Lem tembak

Cara membuatnya :

  1. 1.Langkah pertama ambil kertas karton dan gambar desain awan serta titik-titik hujan pada permukaannya. Aturlah perbandingan ukuran awan dengan titik airnya, sehingga terlihat seimbang dan tidak menjadi “aneh”.
  2. 2.Kemudian gunting gambar pola ini satu persatu dan gunting juga kain flanel mengikuti gambar pola tersebut. Lakukan dengan hati-hati, sehingga hasil guntingan terlihat rapi dan tidak berantakan pada bagian tepinya. Masing-masing bentuk harus digunting 2 bagian (sepasang), hal ini supaya bisa direkatkan dan dibentuk sesuai dengan keinginan. Gunakanlah warna kain flanel yang berbeda untuk awan dan titik-titik hujannya, supaya terlihat lebih indah (contoh: awan berwarna biru dan titik hujan berwarna pink, putih, serta kuning).
  3. 3.Setelah itu satukan masing-masing bagian kain flanel dengan pasangannya menggunakan jarum pentul, agar kedua bagian tidak bergeser ketika akan dijahit nanti.
  4. 4.Langkah berikutnya jahit bagian tepi kain flanel yang telah disatukan tersebut, jangan lupa sisakan  kira – kira sekitar 4 cm untuk menjadi celah memasukkan dakron atau kapas ke dalam.  Lalu jahit dengan rapi, agar tidak mudah rusak dan berantakan.
  5. 5.Isi masing-masing bagian dalam kain flanel dengan dakron atau kapas. Aturlah tingkat keempukannya, agar semua bentuk terlihat cantik dan menawan.
  6. 6.Apabila kain flanel telah terisi, buatkan beberapa hiasan tambahan pada permukaannya, sehingga awan hujan ini terlihat semakin menarik. Hiasan ini bisa dijahit dengan tangan dalam beberapa bentuk, seperti: sepasang mata dan bibir, pita, titik-titik hujan dalam beberapa warna atau bentuk yang lainnya. Buatlah hiasan ini dengan menggunakan warna yang berbeda dari warna dasar awan, sehingga terlihat lebih keren dan bagus.
  7. 7.kemudian Setelah bagian awan selesai dihias, jahit benang pada kedua sisinya, supaya awan ini bisa digantungkan.
  8. 8.jangan lupa jahit juga titik-titik hujan pada benang dengan berjejer acak ke bawah, buatkan tiga atau empat titik hujan dalam satu benang. Lalu jahitkan benang tersebut kepada awan, sehingga tergantung di bawah awan seperti layaknya tetesan air hujan.
  9. 9.untuk langkah yang terakhir selesai, maka hiasan awan hujan ini siap untuk digantungkan pada dinding kamar, ruang tamu atau ruangan lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan kepada anda semua mengenai cara membuat hiasan dinding dari kain flanel, semoga saja dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memperindah tampilan interior rumah anda, sekian dan terima kasi semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Sampai jumpa lagi di ulasan berikutnya.

Incoming search terms:

  • awan dari kain flanel yg indah beserta nama
  • pola awan flanel
  • hiasan pintu kamar flanel bernama
  • hiasan dinding nama dari flanel
  • hiasan dinding dari kain flanel yg di jahit
  • hiasan dinding dari kain flanel
  • gantungan dinding dari kain flanel
  • cara membuat gantungan nama dari kardus dan kain flanel
  • buat hiasan dari kain
  • pola cara membuat hiasan dinding kamar dari flanel
Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kain Flanel | hendar | 4.5