Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Rumah Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Rumah Baja Ringan – Dengan majunya perkembangan zaman seperti sekarang ini tentunya kkebutuhan rumah juga ikut maju, salah satunya yaitu rangka atap baja ringan, yang mana rangka baja ringan adalah rangka baja yang memiliki kekuatan yang sangat kuat, akan tetapi beratnya tak seperti baja pada umumnya, dengan majunya perkembangan zaman struktur kebutuhan bangunan pun di harapkan dengan memakai bahan yang berkualitas dari segala aspek kebutuhan untuk membangun sebuah rumah, dan salah satunya yaitu bahan material yang saat ini populer untuk membangun sebuah rumah adalah atap baja ringan, karena atap baja ringan tersebut terbilang praktis dan ekonomis bila di bandingkan dengan bahan beton dan kayu.

Meskipun rangka atap baja ringan memiliki nilai ekonomis dan ketahananya sangat kuat , bukan berarti tak memiliki kekurangan dan kelebihannya, pastinya semua bahan material yang di gunakan untuk membangun sebuah rumah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, akhir – akhir ini rangka atap berbahan baku dari baja sering di pilih seperti baja ringan yang merupakan material yang di buat dalam keadaan dingin, yang mempunyai ketebalan antara 0,4 mm hingga 3,0 mm. Kalau baja ringan di gunakan untuk keperluan structural maka baja ringan harus memiliki kualitas tinggi supaya bisa menahan beban struktur. Nah untuk kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan atap baja ringan.

Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Rumah Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Rumah Baja Ringan

Baja ringan memang mempunyai kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis berbeda sekali dengan baja konvensional yang tebal dan berat, meskipun tipis akan tetapi memilik kekuatan derajat tarik yang tinggi sekitar 550 Mpa lebih besar jika di bandingkan dengan baja konsvensional yang hanya 300 Mpa, rangka atap baja ringan memang di desain untuk mempermudah perakitan kontruksi pada sebuah rumah. Kuda – kuda baja ringan kalau kita hitung terbilang lebih rapat kalau di bandingkan dengan kayu, misalnya saja kalau genteng yang mempunyai berat 40kg/m2 maka jarak kuda – kuda atap baja ringan bisa di buat 1,4m. Untuk selengkapnya  mari kita simak kelebihan dan kekurangan atap baja ringan yang perlu anda ketahui seperti di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan Baja Ringan Pada Bangunan

Kelebihan Baja Ringan

1.Baja Ringan mempunyai sifat Non Combustible atau tidak membesarkan api.

2.Bobot dan beratnya cukup ringan jika di bandingkan kayu dan membuat struktur bangunan lebih irit.

3.Tidak mempunyai nilai susut atau memuai akibat suhu panas atau dingin.

4.Tidak akan termakan oleh rayap.

5.Pemasangan baja ringan lebih praktis dan lebih cepat di bandingkan dengan rangka kayu.

Kekurangan Baja Ringan

1.Kualitas atap baja ringan kurang terjamin.

2.Rangka atap baja ringan kurang  fleksibel seperti kayu.

3.Tidak bisa di ekspos seperti kayu dan harus di tutup oleh plafon.

4.Dengan struktur seperti jaring, rangka atap baja ringan lebih mudah melenceng dari ukuran kalau salah satu bagian struktur mengalami salah perhitungan.

Seperti itulah untuk pembahasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan atap baja ringan, semoga dengan adanya artikael ini nisa menambah wawasan anda, dalam memilih bahan material untuk membangun sebuah rumah, oke mungkin hanya itu saja dari kami sekian dan terima kasih semoga ada manfaatnya.

Incoming search terms:

  • atap miring kelebihan
Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Rumah Baja Ringan | hendar | 4.5