Penyebab Angka Penyakit TBC Meningkat di indonesia

Penyakit TBC di indonesia – Tuberculosis (TBC) atau merupakan sebuah infeksi bakteri yang menyerang bagian dalam tubuh manusia yakni paru – paru, meskipun penyakit ini terbilang tidak menular tetapi harus diperhatikan secara khusus karena jika di biarkan Penyakit TBC ini akan mengganggu aktivitas kelangsungan hidup karena membuat pernafasan tersendak dan batuk – batuk. Menurut pengamatan berdasarkan WHO global TB report, perkiraan kasus ini di indonesia mengalami pencapaian yang semakin meningkat di bandingkan tahun sebelumnya.

Dari perkiraan tersebut kasus penyakit TBC mencapai 842.000 kasus dengan angka penempatan mencapai mortalitas 107.000 kasus, dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit ini negara indonesia berada di deretan atas yaitu dengan urutan ke 3 di dunia setelah negara india dan china.

Melihat kasus seperti ini tentu akan berdampak pada perekonomian penderita, oleh karena itu pemerintah harus siap ambil alih dengan memperhatikan kasus tuberculosis (TBC) yang mulai menyerang wilayah tanah air dan perlu anda ketahui penyakit ini bisa ditularkan dengan mudah sehingga harus ada penanganan di lapangan dengan membuat schedule nasional oleh pemerintah supaya kasus ini bisa di cegah dengan secepatnya.

Berbagai resiko dari TBC ini tentu bisa kita atasi Penularannya dengan memperhatikan dari penyebab penyakit TBC itu sendiri seperti semua pasien yang  terdiagonosis diobati dengan benar – benar sampai sembuh. Namun sayangnya melihat dari angka kasus TBC ini yang dirilis oleh WHO membuat masyarakat menjadi geram.

Dari kementerian kesehatan RI akhir – akhir ini baru menemukan 53% kasus yaitu mencapai angka 402.000 kasus yang sudah ternotifikasi dan kini dalam masa pengobatan untuk sisanya belum terobati atau dalam masa pengobatan dan belum terlapor ke pemerintahan kementerian republik indonesia.

Dari kasus penyakit TBC ini sebagian besar masyarakat yang mengalami nya rata – rata dari usia antara 15 tahun sampai  54 tahun, kondisi ini tentu membuat penderita menjadi kehilangan waktunya. Meskipun pemerintah membuat perda pengobatan TBC dengan bebas biaya akan tetapi penderita harus mengeluarkan biaya – biaya yang di luar pengobatan penyakit tersebut seperti transportasi, akomodasi , asupan gizi yang baik tentu harus di perhatikan sewaktu dalam masa pengobatan dan biaya tak terduga lainnya.

Sebagian masyarakat yang mengalami kasus TBC kehilangan penghasilan keseharian karena tak mampu untuk beraktivitas.Supaya bisa mencapai eliminasi terbaik mengenai kasus penyakit TBC di indonesia yang sedang di targetkan pada tahun 2030 tentu diperlukan strategi dan manuver yang bagus adapun langkah – langkah dengan menguatkan peran kepemimpinan dengan basis kabupaten/kota salah satunya meningkatkan layanan kesehatan yang bermutu tidak membingungkan masyarakat, mempermudah pelayanan sehingga penderita menjadi bersemangat untuk menjalankan pengobatannya.

Untuk mengatasi masalah ini tentu tidak hanya pemerintah saja karena pemerintah hanya mengeluarkan regulasi dan yang melakukannya tetap yang dibawah ( pemerintah ) selain itu harus ada dukungan dari berbagai sektor dalam upaya pencegahan penyakit TBC, pengendalian resiko TBC melalui intervensi bermutu dengan melibatkan semua elemen mulai dari sektor pemerintah pusat, pemerintah kota, masyarakat, lembaga sosial, media, dan lain sebagainya.

Ini Penyebab TBC di Indonesia

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat khususnya di indonesia dan kini kasus penyakit TBC menduduki peringkat ke 3 tertinggi di dunia.  Hal ini tentu terjadi karena masyarakat kurang memahami dari gejala penyakit TBC tersebut dan relevansi terhadap risiko terkena Tuberkulosis (TB). Saat ini indonesia mengalami kasus kesehatan yang tentu mempunyai beban tinggi  dengan ditemukan mencapai 53% kasus baru dengan mencapai angka kematian 900.000 pertahun disebabkan oleh TBC.

Layanan pengobatan penyakit TBC gratis bisa digunakan karena telah di upayakan oleh kementerian kesehatan RI, penyakit ini bisa di sembuhkan dengan pengobatan bertahap secara rutin karena kalau tidak tentu berdampak serius mengalami kematian ujar Dr yang ditemui di hotel kuningan jaksel dalam acara seminar nasional tuberkulosis. Dan perlu digaris bawahi bahwa penyakit ini di sebabkan oleh berbagai hal mulai dari bakteri Mycobacterium tuberculosis melalui udara, seperti batuk – batuk, bersin, dan udara dari pernafasan penderita TBC.

Penyebab Angka Penyakit TBC Meningkat di indonesia | hendar | 4.5